Candi Ijo Yogyakarta, Candi yang Indah Tetapi Penuh Misteri

Candi Ijo Yogyakarta, Candi yang Indah Tetapi Penuh Misteri – Candi Ijo Yogyakarta merupakan candi yang ada di lokasi paling tinggi di wilayah Yogyakarta.

Jadi ketika Anda berkunjung ke Yogyakarta, jangan hanya pergi ke Candi Prambanan dan Candi Borobudur saja, tetapi jangan lupa sempatkan waktu untuk pergi ke candi Ijo ini.

Candi ini juga penuh dengan misteri, dan kutukan, yang akan kami jelaskan nanti di bawah. Kelebihan lainnya dari wilayah candi ini yakni keindahan panoramanya.

advertisement

Jika memang Anda senang dengan wisata alam, maka Anda wajib berkunjung ke Candi Ijo ini. Mari baca selengkapnya.

Candi Ijo – 375 Meter Atas Permukaan Laut

Karena itu, di sini Anda dapat menemukan pemandangan yang begitu indah dan udara yang sangat sejuk. Panorama yang dapat Anda lihat yakni panorama perbukitan dan hijaunya pepohonan.

Candi Ijo Yogyakarta, Candi yang Indah Tetapi Penuh Misteri

Lokasi

Tempat atau lokasi dari Candi Ijo ini ada di daerah Dusun Groyokan Ds. Sambirejo, Kec Prambanan Kab Sleman. Wilayah Candi Ijo ini dekat ke Bandara Adi Sucipto Jogja. Apabila memang Anda adalah seseorang yang senang dengan wisata sejarah, di sini Anda akan menemukannya.

Abad ke 9 merupakan waktu di mana Candi Ijo ini dibangun. Kala itu candi ini sudah dibangun tepat pada bukit yang juga dikenal dengan nama Gumuk Ijo (Bukit Hijau).

Tak hanya itu saja, sebutan nama desa yang diberi nama Ijo itu dasarnya awal mulanya disebutkan dalam sebuah prasasti Poh, dan sudah ada semenjak tahun 906 Masehi dahulu. Pada prasasti tersebutlah tertulis mengenai hadirin upacara yang berasal dari Ds.

advertisement

Wuang Hijau. Apabila memang benar, itu artinya sesungguhnya nama Ijo tersebut usianya sudah hampir 1100 tahun, semenjak tahun 2006 dahulu.

Dilihat dari sisi tempatnya, candi Ijo ini memiliki bentuk teras-teras, semakin meninggi pada bagian belakang, yakni pada bagian timur juga belakang di pusat percandian itu.

Misteri dan kutukan

Nah, di sini mungkin merupakan sisi yang akan menarik wisatawan pecinta sejarah. Di mana di candi ini ada rahasia misteri yang tersimpan, dan tersimpan di dalam prasasti candi tersebut.

Untuk prasasti yang dimaksud yakni pada bagian teras yang ke sembilan, di mana di dalam prasasti itu ada tulisan Guywann atau Bhuyutan, di mana artinya adalah tempat pertapaan.

Juga di prasasti yang lainnya, dari batu dengan ukuran 14 cm dan ketebalan 9 cm itu juga ada tulisan beberapa mantra berisi kutukan hingga sebanyak 16x, yakni “om sarww, awinasa, sarwwawinasa”.

Arca

Di candi Ijo ini Anda pun dapat menemukan arca dengan gambar berupa sosok lelaki dan perempuan yang melayang, mengarah ke sisi tertentu. Sosok yang digambarkan arca tersebut memiliki beberapa arti:

Pertama

Suwuk yang berfungsi mengusir roh jahat.

Kedua

Lambang persatuan dari Dewi Uma dan Dewa Siwa.

Persatuan itu dimaknai sebagai awal dari alam semesta tercipta. Jadi berbeda dengan arca pada candi Prambanan, di mana Anda dapat melihat corak naturalis di arca pada Candi Ijo yang tak mengarah ke erotisme.

Harga Tiket Masuk Candi Ijo

HTM – nya yakni Rp 2.000,00 (Sepeda Motor) dan jika Anda membawa mobil Rp 3.000,00. Harga mungkin sudah berubah, silahkan Anda mempersiapkan uang lebih.

Sekian artikel tentang Candi Ijo Yogyakarta, candi yang indah tetapi penuh misteri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk liburan Anda ke depannya.baca juga Berwisata ke Ubud Bali? Jangan Sampai Melewatkan Tempat-Tempat Ini

advertisement
Candi Ijo Yogyakarta, Candi yang Indah Tetapi Penuh Misteri | admin | 4.5